Kamis, 12 November 2015

KISAH ONIBABA

KISAH ONIBABA




Pernah mendengar sumanto ? Pernah mendengar nenek gayung ? Mungkin ini adalah gabungan nya. Siapa lagi kalau bukan Onibaba (Perempuan Setan Jahanam) adalah oni dari cerita rakyat Jepang yang memiliki penampilan seorang wanita tua namun sering memakan manusia. Lalu Onibaba sering juga disebut dengan "Demong Hag", "Old Hag", "Mountain Woman", "Goblin dari Adachigahara," dan "Kurozuka," the Onibaba memiliki banyak kisah di balik namanya.

Ciri Ciri Onibaba

Onibaba memiliki penampilan seorang wanita berusia sangat tua. Dia suka menampakan diri dengan ciri khas berpenampilan kusut, gila, liar tampak rambut, dan bermulut besar. Dia kadang kadang di gambarkan dengan pisau dapur atau duduk dengan gulungan benang. Dia sering juga menyembunyikan penampilan setan nya untuk menempatkan korban nya dalam rasa aman.
Onibaba biasa tinggal di sebuah gua, rumah kecil dan rumah kosong di pesawahan. Ada sebuah museum kecil di Adachigahara yang di katakan pisau yang di pajang adalah pisau yang di gunakan oleh Onibaba untuk memakan korban nya.

Kisah nyata

Salah satu sumber mengatakan Onibaba lahir dari bayi perempuan dari sebuah keluarga kaya di Kyoto. Meski sudah berusia 5 tahun dan di nyatakan sehat dan bahagia, anak itu tidak dapat berbicara sejak lahir. Khawatir dan putus asa, keluarga berkonsultasi dengan dokter setelah dokter tidak berhasil lalu mereka ke seorang peramal. Lalu sang peramal itu mengatakan kepada mereka bahwa obat agar gadis itu tetap hidup adalah hati gadis yang masih segar dan janin yang masih hidup. Lalu orang tua nya pun tidak kuat menghadapi pembicaraan ini. Tugas ini pun di berikan kepada pengasuh nya yang berangkat pada pencarian sendiri dan di berikan nya sebuah omamori yaitu jimat untuk perlindungan. Pencarian pengasuh, akhir nya ada yang bersedia menjadi pengasuh gadis itu. Pembantu itu pun lelah untuk mencapai Adachigahara. Lalu pengasuh itu pun memutuskan untuk tinggal di sebuah gua dan menunggu wisatawan hamil yang lewat. Tahun tahun berlalu sebelum seorang wanita hamil tunggal mendekati gua nya. Merasa putus asa pengasuh melompat pada wanita itu dan menambil janin dan hati nya. Hanya setelah mencapai tujuan nya dia menyadari bahwa wanita itu mengenakan omamori. Pengasuh pun menjadi gila oleh realisasi ini, pengasuh nya pun menjadi seorang pembunuh berdarah dingin dan memakan semua orang yang melewati gua nya itu.
Dalam cerita lain, pengasuh tidak memiliki putri lalu dia ingin segera sembuh dan untuk sembuh itu dia harus memakan seorang wanita hamil bukan hati janin nya.
nah itu cerita dari hantu dari JEPANG. mungkin kalian punya cerita versi lainnya. bisa kalian share juga ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar