Jumat, 15 April 2016

Jinmenken adalah makhluk urban legend Jepang




Jinmenken adalah makhluk urban legend Jepang

Ia seringkali terlihat di sekitar rumah penduduk pada malam hari. Menurut cerita yang beredar, Jinmenken terlihat seperti anjing biasa jika dilihat dari jauh namun, ketika Ia berbalik akan terlihat Ia memiliki wajah seorang manusia yang sangat mengerikan.
Selain memiliki wajah manusia, Ia mampu berbicara seperti manusia dan suka menantang siapapun yang melihatnya. Dengan suara yang lelah Ia berkata, "Urus dirimu sendiri" atau "Aku bebas melakukan apapun yang ku mau".

Dalam satu cerita, ada sebuah restoran yang membuang sampah di halaman belakang restoran. Suatu malam, seorang koki melihat seekor anjing liar yang sedang membongkar sampah mencari sisa makanan. Ia pun keluar bermaksud mengusirnya. Namun, ketika Ia mencoba untuk mengusir anjing itu, Jinmanken melihat kearah belakang dan berkata, "Tinggalkan aku sendiri."

Kisah lain menceritakan seorang pria yang sedang mengemudi di jalan raya. Tiba-tiba Ia melihat seekor anjing sedang mengejar mobilnya melalui kaca spion. Anehnya, mobilnya sedang melaju dengan kecepatan 100 mill per jam namun anjing tersebut mampu mengejarnya dengan sangat cepat. Hingga pada satu titik, anjing itu berlari berdampingan dengan mobil. Pria itu menoleh dan betapa terkejutnya Ia bahwa anjing itu memiliki wajah manusia dan berkata, "Jangan lihat aku!". Kemudian pria tersebut mengalami kecelakaan hebat.

Anjing berwajah manusia seringkali dikaitkan dengan petanda buruk yang akan datang, seringkali dianggap juga sebagai penyebab dari kecelakaan. Pada tahun 1989-1990, kasus kecelakaan yang disebabkan oleh Jinmenken mencapai puncaknya di Jepang. Orang-orang menuntut polisi untuk segera menangkap Jinmenken dari lingkungan mereka.

Hingga seiring berjalannya waktu, sosok Jinmenken mulai hilang. Beberapa percaya Jinmenken adalah roh dari korban kecelakaan lalu lintas yang bereinkarnasi sebagai anjing, beberapa percaya Ia adalah anjing peliharaan roh jahat, hingga Jinmenken adalah manusia-anjing yang diciptakan dalam percobaan rahasia yang berhasil kabur dari laboratorium.

Menurutmu, mana yang benar?

Penulis: Mitos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar